Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman


Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman ?

Assalamualaikm wr.wb..  🙏

Semangat Pagi! 

     Pagi-pagi kurang enak rasananya jika aktivitas kita tidak diawali dengan secangkir kopi. Oke deh lebih enak bikin kopi dulu kali yaak hehe 😆. Oke lanjut, Topiknya apa sih? Oh iya, "Manfaat Belajar Pemrograman Dalam Kehidupan Sehari-hari".


    Tentunya untuk orang yang pernah kuliah dengan jurusan teknik informatiak atau system informasi hal ini sudah tidak asing lagi, atau kita bahas profesi seorang developer program, atau seorang analis system, ya karena bahasa pemrograman adalah bahasa sehari-hari mereka. Tapi yang mau saya bahas kali ini adalah bagaimana jika orang awam yang belajar bahasa pemrograman dan manfaatnya apa?

    Bagi orang awam yang belajar bahasa pemrograman pastinya banyak kesulitan yan dihadapi, namu dari hal tersbut banyak juga manfaat yang didapat. berikut beberapa asumsi dan manfaat yang diperoleh :

1. Kemampan Berfikir Logis
    Dalam menulis bahasa pemrograman logic adalah aspek terpenting untuk memecahkan suatu masalah, seorang programmer akan menterjemahkan masalah dalam bahasa program kemudian memecahkanya dengan logic yang dia buat. 
    Kesalahan dalam penulisan logic program fatal akabitnya untuk sebuah aplikasi software, contohnya software akan error atau software akan memakan memory yang banyak dalam memproses suatu perintah karena logic yang digunakanya tidak benar.
    Atas dasar hal diatas seorang programmer atau penulis bahasa program cenderung berfikir logis dalam kehidupan sehari - hari karena kebiasaanya memecahkan masalah dengan logis menggunakan bahasa pemrograman.

2. Kemampuan Berfikir Sistematis
    Dalam penulisan bahasa program terdiri dari runtutan atau baris- baris kode yang disusun secara sistemati dan prosedur. penulisan tidak secara sistematis akan membuat program sulit terbaca, atau mungkin mengakibatkan error untuk bahasa pemrograman tertentu. Dari kebiasaan tersebut seorang penulis program akan belajar berfikir secara sistematis.

3. Detail dan Teliti
    Seorang Penulis Bahasa program akan menghadapi sebuah baris-baris kode yang sangat banyak dan rumit, sebuah masalah yang dituangkan dalam bahasa program berupa baris dan kode yang akan memerlukan detail dan ketelitian dalam penulisanya, jika salah dalam penulisan kode baris atau simbol, maka dipastikan program anda tidak akan bisa di eksekusi.

4. Kemampuan Memecahkan Masalah
    Sebuah program atau system dibuat utnuk memecahkan masalah, seorang penulis program harus mempunya kemampuan menganalisa dan memecahkan masalah. kebiasaan atau rutinitas seperti ini tanpa disadari melatih seorang penulis program untuk memecahkan masalah, mulaidari maslah mudah hingga yang sulit. ini memberikan dampak positif tentunya,  menambah kemampuan  memecahkan suatu masalah.

5. Menambah Pengetahuan Terhadap Teknologi
    Di Point ini khusus beberapa bahasa pemrogramn tertentu saja. seperti bahasa pemrograman yang berinteraksi langsung dengan mesin atau sensor. Dalam penulisan bahasa pemrograman kita mengenal input dan output, output program tidak selalu hanya tampilan saja, ada berupa alarm, gerak dll. 
inputan program juga berbeda-beda, sesuai kebutuhan penggunanya. dari hal diatas kita juga belajar pengetahuan baru dibidang teknologi komputer atau teknologi yang lainya.


    Point - point diatas mungkin hanya sebagian saja manfaat dari belajar bahasa pemrograman. jika teman - teman mencobanya pasti ada hal - hal lain yang lebih mungkin bermanfaah.


Terimakasih  😉

Wassalammualaikum wr. wb.


Comments

Popular posts from this blog

CADO 2

CADO 3